Domain diambil Perusahaan Cina

June 11, 2017

Bagi yang perhatiin twit saya beberapa bulan yang lalu, mungkin udah pada tau kalo saya nggak bisa pake domain www.arulivansyah.com lagi, karena nggak punya uang untuk perpanjang. Hehe. Siapa suruh, tiap tahun harga domain naik terus!


Setelah lewat beberapa bulan dan lama hilang dari dunia per-blogger-an, saya berencana untuk perpanjang domain. Kalo pakai domain .com itu kayak ada rasa bangga-bangga gitu. Ya nggak sih? atau ini cuma perasaan saya aja?

Bermodal tathering dari hape, saya membuka situs tempat membeli domain. www.rumahweb.com. Sempat lihat-lihat domain, siapa tau ada yang murah kayak (dot)xyz atau (dot)asia atau apalah itu, tapi hati saya masih srek sama (dot)com, tanpa basa-basi lagi, saya langsung melihat profile saya.

Begitu laman profile muncul, di samping domain arulivansyah.com, ada tulisan canceled. Nggak biasanya kayak gitu. Beberapa bulan ke belakang saya cek, tulisannya masih expired. Saya langsung inisiatif mencari tahu apa yang terjadi dengan cara membuka satu-satu tab menu yang ada (padahal nggak tau fungsinyaapa). Setelah sok pintar, saya akhirnya menyerah dan lebih memilih untuk nanya ke customer service-nya rumahweb langsung.

Dari chating sama CSnya itu, saya jadi tau kalo domain www.arulivansyah.com itu udah diambil sama orang. Nggak bisa dipindah tangankan lagi. Sedih.

Dengan cepat, saya membuka tab baru di browser mencari www.arulivansyah.com. Hasilnya adalah domain saya dipakai sama perusahaan asal Cina bernama Xinhai. Jadi mari kita telaah nama tersebut. nama perusahaannya Xinhai, terus kenapa mereka nggak pakai nama domain Xinhai.com atau Xinhai.co.cn? atau apalaah itu, kenapa?! Kenapa mereka malah pake domain seorang blogger yang kere banget dan jarang ngeblog ini, apa mereka nggak kasihan? Nggak masuk akal banget kan?
 
Iconnya juga pake punyaku yang dulu --'
Setelah saya masuk ke webnya, dari produk-produk dan header web­-nya perusahaan itu menjual mineral machine EPC. Nggak tau deh itu artinya apa. Bermodalkan rasa ingin tahu, Saya langsung chating sama Customer Service bernama Bella. Dari namanya, kayaknya cantik. Hampir aja, di chat pertama saya mau minta nomer hapenya. tapi saya langsung ingat, tujuan saya di sini adalah menanyakan kenapa perusahaan tempat mbak Bella bekerja, mengambil domain saya. Karena mangkel, di chat pertama, saya langsung pisui dia.
 
Kapan lagi, mempisui CS. Tapi jangan ditiru ya wkwkwk.
Dia sampe translate. Ngakak! :D

Mbak Bellanya ngambek

Awalnya saya bete banget sama perusahaan Cina itu, tapi karena dia berusaha komunikasi sama saya sampe translate ke bahasa jawa, saya jadi ngakak sendiri. Sumpah lucu banget. Mungkin dia sebel juga ya, saya chat nggak jelas, jadinya dia langsung offline. Saya chat lagi, tapi nggak tersambung, kayaknya giliran mbak Bellanya yang mangkel.

Salah saya sih emang nggak perpanjang domain lebih cepet, tapi nggak masuk akal aja dia pake domain yang nggak nyambung sama namanya.

Ada yang tau alasannya apa?

Karena nggak bisa dipake lagi, yaudah saya ikhlasin aja domain itu, tapi tiap hari saya cek, siapa tau domain saya udah nggak dipake lagi sama perusahaan itu. Terus saya bisa pakai lagi. Tapi hasilnya ya tetep aja.

Pengin ganti pake aruldagul.com tapi takutnya nanti kasusnya sama kayak domain sebelumnya, nggak mampu bayar terus domainnya diambil orang, kan deep banget.

Sambil mikir-mikir domain apa yang cocok (lagi) saya juga lagi mikir gimana caranya ‘berpengasilan nih’ (Kasin google adsensenya diblokir) biar bisa terus bayar domain tanpa resiko diambil orang atau perusahaan. Wish me luck!

You Might Also Like

6 comments

  1. Gue juga pas perpanjang domain kemarin hampir nggak bisa bayar, Rul. Eh, alhamdulillah banget ada kerjaan freelance mendadak dan dibayar hari itu juga. Kebayar deh. :D

    Anjir, dia sampai berusaha buat translate bahasa Jawa. Gokil! XD

    Kalau mau pasang domain lagi, saran gue kudu pilih nama yang bener-bener nggak akan ganti. Jadi, nanti kalau mau perpanjang selalu nemu cara untuk bayar. Gimana pun caranya. Haha. Kalau bisa, sih, 2 bulan sebelum domain itu habis, nabung. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini akan kembali pake dotcom, tapi bingung namanya apa :'

      Delete
  2. wah sangat tragis membaca artikelnya sampai habis Sob, kalau saya lihat memang tidak nyambung banget nama perusahaannya dengan nama Domain,mungkin china ada kerjasama dengan orang Indonesia dan nama orang Indonesia itulah yang diambil nama domainnya, China kan sekarang sudah banyak merajalela di Indonesia, itu menurut Hipotesa saya Sob,mungkin teman teman yang lain ada yang tau alasannya mengapa perusahaan china itu menggunakan domainnya Mas. Owgh iya salam kenal Mas dan saya ijin Follow blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin perusahaan itu, punya saya di masa depan.
      Syit. Hayalan tingkat tinggi wkwkwkw

      Delete
  3. sepertinya si perusahaan cina itu domainnya diambil sama orang indonesia mas.. hmm

    ReplyDelete

Habis baca, jangan lupa komentar ya. Biar ada jejaknya, biar bisa blogwalking! Biar tau, siapa aja orang-orang baik yang main-main ke blog ini *slurp*