4 Cara Mengatasi Writer's Block Bagi Penulis Pemula

March 04, 2018


Kamu, iya kamu.

Sebagai penulis apapun itu. Mau jadi blogger, Wattpader atau apapun, pasti pernah mengalami writer’s block kan? Pastinya pernah, dong. Udah buka laptop tapi kok ide nggak muncul-muncul. Lama kelamaan malah laper.

Jadi, Writers block itu adalah sebuah kondisi di mana kamu nggak bisa nulis apa-apa. ide-idemu, atau gagasan yang sebelumnya ingin kamu tulis malah hilang ditelan bumi. Intinya, kepalamu jadi buntu.

Saya sering banget mengalami ini, padahal pengin banget nulis tapi malah nggak bisa. Setelah mencoba berbagai cara mengatasi writer’s block yang saya baca  dari buku, artikel atau tulisan teman-teman yang lain, ada beberapa cara yang berhasil saya terapkan.

Tentunya cara-cara ini bisa jadi nggak bisa diterapkan di kamu, tapi apapun yang terjadi, terjadilah. Selamat mencoba!

Inilah empat cara mengatasi writer’s block ala Arul Dagul.

1. TINGGALKAN LAPTOP DAN NONGKRONGLAH!

Apapun yang kalian pakai untuk menulis, tinggalkan. Kalo kamu pake laptop, tutup laptopmu. Kalo kamu nulis lewat smartphone, tinggalkan smartphonemu dan berjalan-jalanlah keliling kota atau sekedar ngopi bareng temanmu.

Cara ini lumayan berhasil ke saya. biasanya setelah sehari atau dua hari nggak menyentuh laptop sama sekali, di hari berikutnya saya membuka laptop dengan perasaan bahagia dan penuh cahaya. Biasanya juga, obrolan-obrolan yang keluar saat nongkrong bisa jadi ide tulisan. Contohnya ini Ngopi Bareng Dosen

2. TIDUR

Kalo di akhir bulan lagi nggak ada uang, cara kedua ini pasti saya lakukan. Kadang mata saya capek banget kalo kelamaan liat laptop. Imbasnya ke kepala yang tiba-tiba pusing dan tak tau arah jalan pulang.

Kalo udah kayak gitu, saya biarkan laptop sleep sendiri dan langsung rebahan di kasur, biar mata dan kepala istirahat sejenak. Nanti kalo udah agak mendingan baru deh buka laptop lagi.

Tapi, kamu jangan tidur kelamaan, karena kalo tidurmu lebih dari 6/8 jam bawaannya lemes dan ngantuk terus. Saya sering loh kayak gini. Tidur pukul 4 pagi, bangunnya pukul 11 siang. Itu cuma bangun beberapa jam buat beraktifiktas, eh sorennya udah ngantuk lagi.

3. CERITA YANG MENGINSPIRASI

Ini berpengaruh banget buat saya. Tulisan ini jadi juga karena membaca wawancara salah satu penulis yang karyanya difilmkan. Biasanya kalo udah baca cerita yang menginspirasi, saya jadi iri sekaligus bersemangat untuk menyaingi dia.

Terus, saya buru-buru tuangkan ide yang ada di kepala saya atau ide-ide yang sudah saya catat di notebook kesayangan ke laptop selingkuhan.

4. BACA BUKU

Cara lain yang sangat efektif, karena dari membaca buku, saya jadi punya ide yang mirip-mirip sama buku terakhir yang saya baca. Habis itu saya langsung mengolah ide itu sama ide-ide yang lain biar nggak terkesan plagiat!

Saya akan fushion dua ide yang berasal dari membaca dua buku berbeda itu, dan jadilah sebuah ide baru! Mantap kan?

Biasanya saya tulis dulu di notebook, nanti kalo ide-ide yang lain udah selesai saya tulis, baru saya buka tabungan ide itu. Selain bisa mengatasi writer's block cara ini juga bisa bikin konsisten karena idenya tinggal ditulis ulang jadi tulisan yang lebih panjang di blog atau di wattpad.

Salah satu buku yang wajib kamu baca adalah buku ‘Welcome To Becoming Writer’ buku ini berisi 100 tulisan kenapa orang-orang yang tulisannya kepilih masih bertahan menulis sampai sekarang. Di buku ini tulisan saya juga masuk lo.


Buku ini saya rekomendasikan banget karena ada beberapa keuntungan, kayak: bisa join di kelas menuis online, berkesempatan dapet jaket dari @nulisyuk dan masih ada yang lainnya. Selain itu, salah satu tulisan di buku ini,  adalah tulisan dari @retnohening atau ibunya Kirana yang imoet itu, sekaligus penulis buku berjudul Happy Little Soul.

Dengan membaca buku ini, saya yakin pasti kita semangat lagi buat nulis karena mengingat alasan pertama kali kita menulis dulu!

Cara pesannya gimana Park Ji Rul? Liat  poster di bawah!

Gimana, mantap kan ya soft selling saya? brand yang mau masuk bisa banget loh haha!
Order ya gaes, biar bisa beli paket internet buat publish tulisan 😊😊

You Might Also Like

5 comments

  1. Nton anime favorit sama film favorit
    Tapi kalo saya mah keseringan y dibiarin j
    Ntar juga kadang-kadang muncul inspirasi
    Wah hebat y saya

    ReplyDelete
  2. Supaya menginspirasi saya harus jalan-jalan melakukan kegiatan yang bisa dijadikan topic tulisan. Kalau masih belum nemu, mungkin hal-hal yang enggak diprediksi akan muncul dengan sendirinya. Seperti postingan di blog saya yang baru muncul, itu saya tulis karena saya tertarik akan kisah yang saya lakukan ditambah bukan dari prediksi pikiran awal saya. Hehehe

    Dengan nongkorng, tidur, main game juga mampu merehatkan pikiran sejenak di depan laptop. Ah tapi tetap saja bawaan lubuk hati selalu merindukan mata menatap layar laptop lebih lama. Seakan merindukan sang kekasih idaman gitu loh ya kan? :D

    Btw perdana nih saya kesini, baru aja abis follow blog mas, boleh followback blog mbanana? :)
    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Kalo aku saat ngalamin writer's block ... lebih tepat cara nomor 1.
    Kalo dibawa tidur malah ngga bisa tidur, pikiran muter2 nentuin kira-kira tulisan apa dulu yang akan diselesaikan.

    Ok juga info bukunya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Ih, kalo aku sebenernya idenya ada rul.
    Tapi pas giliran udah di depan laptop nih jadi kaya "Duh, besok aja deh nulisnya" gitu terus sampai lebaran wkwk

    ReplyDelete
  5. kalo writer's block biasanya butuh istirahat dan nyari referensi bacaan lain mungkin

    ReplyDelete

Komentar di sini aja, biar bisa blogwalking