Berdiri Di Panggung Audisi SUCI 6 #1Day1Dream



Banyak waktu yang kita habiskan buat nonton  Tv, apalagi buat yang melabeli diri mereka anak rumahan, tapi ada satu anak-anak yang jarang banget nonton  TV bahkan bisa jadi dalam seminggu mereka gak pernah nonton TV sama sekali, dia adalah anak Kost. Kecuali anak kost yang biaya kostnya 1 juta satu bulan, itu mah bukan hanya TV yang ada, mulai dari Kolam renang, Spa, lapangan Golf juga ada kalo biayanya segitu.
Gue ngomong kayak gitu karena gue pernah ngekost ga ada Tvnya itu sama kayak punya pacar tapi ga ada mukanya. Gitu.   

Gue yakin TV punya peranan penting bagi semua orang, tak terkecuali gue, TV yang memepengaruhi gue tentang apa itu Stand Up Comedy, sebenernya Stand Up Comedy lebih dulu gue kenal dari temen gue pas SMA , nama temen gue Aan, waktu itu di laptopnya ada video raditya dika, cak Lontong dan Pandji setelah gue nonton video itu gue mulai tertarik dengan dunia per Stand Up Comedy-an. Mulai saat itu gue sering nyari di Youtube video-video Stand Up dan sering nonton di Metro TV.  (Waktu itu dirumah gue belum ada Kompas TV).

Hari demi hari berlalu, Bos Besar gue (Baca: Bapak), mencoba untuk mencari saluran parabola, walaupun gue sedikit jengkel sama Bos Besar gue itu karena hampir setiap minggu dia cari cenel baru. Sering banget cenel-cenel tipi jadi berantakan sering nemuin sahara 1 sampe sahara 7. Tapi dari sanalah keajaiban dimuali. Waktu itu ketika gue lagi duduk di dalam kamar sambil blokwalking Bos Besar teriak dari ruang keluarga.

“Arul…”

“Iya Pak”

“Coba kamu cariin kode parabola bla-bla-bla..” kaliamat yang setiap minggu gue denger.

Setelah gue nyari dan ngerekomendasiin dia beberapa saluran yang gue dapet di kakaknya Yahoo (baca: google), dia mulai mencari-cari saluran dengan remot TV hitam gelap milik dia. Setelah itu gue ninggalin dia nonton sendirian dan balik lagi kekamar buat lanjutin Blogwalking.

Besok malemnya gue nonton TV dan setelah nyari-nyari saluran TV yang pas gue, menemukan  Kompas TV.  Inilah awalnya gue semakin tertarik dengan Stand Up Comedy. Malam itu gue ngeliat Hifdzi Khoir, Dodit Mulyanto, Dzawin dan Abdur. Yang ngebuat gue kagum adalah Abdur, satu lagi Comic yang berasal dari timur (yang sebelumnya adalah Arie Kriting, yang gue tau setelah gue googling-googling).

Dari saat itu gue mulai Berfikir buat ikut Stand Up Comedy (gara-gara Abdur) alesan gue ikut yang paling gue inget waktu itu adalah “Masa gue kalah sama Orang Timur ? masa sih gue kalah ? padahal gue dari Lombok *ga nyambung* masa sih kita sebagai anak Lombok ga bisa berdiri di panggung SUCI  ?” selain itu gue juga ngerasa gue lucu, soalnya gue sering buat adik gue ketawa, soalnya gue gelitikin kakinya.

Dari saat itu gue mulai buka youtube dan nonton video-video Stand Up Comedy, nyari buku-buku di Gramed. Dan ketemu bukunya Greag Dean. Dari saat itu gue mulai belajar Stand Up Comedy.
Waktu itu gue belum berfikir buat ikut Komunitas karena gue gatau di Lombok ada Komunitas Stand Up he.. hari-hari berlalu dan gue pun berangkat ke Malang buat kuliah tanpa pernah openmic di Kampung halaman.

Dari kepindahan ke Malang inilah gue menemukan pencerahan tentang Stand Up Comedy, singkat cerita gue ketemu temen namanya Joey dia adalah anak Stand Up, bukan di Malang tapi di Batu (tetangganya Malang) setelah gue berkenalan dengan dia, gue diajak openmic tapi gue belum siap karena mental gue belum ada.

27 September 2014 pertama kali gue naik panggung Openmic, waktu itu gue openmic di Standupindo_Kwb (Stand Up Indo Kota Wisata Batu) yang jelas gue diajakin sama si Joey. Penampilan perdana gue, jauh dari sempurna. Namanya juga pertama, tapi gue bangga gue bisa openmic dan mengalahkan rasa takut gue.  Bagi yang mau tau cerita Openmic Pertama gue bisa kalian liat disini.

Gue juga sempat bingung mau gabung komunitas mana Malang atau Batu tapi setelah berfikir panjang gue ikut Batu, komik Malang juga sering kesana buat nonton.

Setelah saat itu gue sering openmic, dan ini mungkin jadi cobaan gue, waktu itu ada lomba Stand Up Comedy Jurusan Ilmu Komunikasi gue disuru ikut wakilin kelas gue, dan disana gue ngebomb (ga lucu) saat itu gue sedih karena didepan temen-temen jurusan gue gue ga lucu, itu yang gue pikirin selama berminggu-minggu yang bikin gue sempet down dan berhenti beberapa minggu buat openmic. Tapi setelah dapet pencerahan dari temen-temen blogger, karena gue curhat di Blog, dan temen” yang lain juga, gue mulai openmic lagi. Bagi yang penasaran baca ceritanya disini.

Setelah kebangkitan gue dari keterpurukan *halah* gue openmic lagi dan kemaren gue sempet ikut Show Stand Up. Charity Events sih tp gpp yang penting pernah di acara besarkan ? he.. baca disini kalo mau tau cerita lengkapnya

Dan kemaren-kemaren sebelum ada Show Charity Event itu gue sempet diajakin buat ikut audisi SUCI 5 tapi gue menolak karena menurut gue sendiri gue masih belum siap, dan merasa banyak kekurangan.

Tapi di tahun 2015 ini gue mau ikut audisi SUCI 6, kenapa gue bilang "audisi" SUCI 6, menurut gue, ikut audisi SUCI 6 udah keren bagi diri gue, karena untuk berdiri di Panggung semegah dan sekeren SUCI perlu ilmu dan pengalaman besar. Bagi gue berdiri di Audisi SUCI 6 adalah cita-cita atau impian yang pas bagi gue. Setelah gue berhasil berdiri di panggung Audisi SUCI 6 gue bakalan berusaha dan mempersiapkannya dengan materi dan openmic yang semakin banyak lagi. Menambah jam terbang lah pokoknya.  Semoga gue bisa ya. Amin.

Foto Openmic Pertama.



Sumber gambar

22 komentar:

  1. Wuihhhh, semoga lolos bro, kalo pas audisi terus nggak lucu, selow aja.
    bilang aja sama Om indro :
    "SAYA INI ANAK PEMUKA AGAMA"

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. Bisa-Bisa :v brrti itu langsung lolos ya wkwkwk

      Hapus
  2. Waah hahaha sukses, yaa! Temen-temen blogger di Jabodetabek juga banyak yang suka OpenMic. Cemunguuuddhhhh! :p

    BalasHapus
  3. favoritku di SUCI 4 itu bang dzawin, hahaha.

    oh iya, kenapa SUCI 6 bukan SUCI 5 aja?
    tapi semoga nanti kalo jadi ikut, bisa lolos dan di muncul di tv ya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe Amiin, kalo nasib begitu ya Insyaallah begitu juga :D

      Hapus
  4. Wah, Comic ternyata ya. SUCI 6, artinya habis SUCI 5 dong, kayaknya persiapan dulu ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih newbie broh, lagi dalam tahap belajar :). iya nih mencoba untuk bersiap he.

      Hapus
    2. Ini balasan gue bro ;) http://coretanrifqi.blogspot.com/2015/01/kalau-ada-5-kenapa-harus-6-1day1dream.html

      Hapus
  5. Nanti kalau ada SUCI berikutnya, cobain deh. Semangka ya ^^

    Baca #1Day1Dream Syifa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, iya iya semoga aja ya :D do'akan saja

      Hapus
  6. manteplah! gue sebagai penonton setia suci menantikan kehadiran loe sob :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahiihihi, amin mbak semoga aja aku bisa berdiri dipanggung besar itu. heeee

      Hapus
  7. wah hebat bro , saya juga jadi tertarik nih. emang kapan mulai nya suci 6 ? . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ikut aja bro :)

      Hapus
    2. insyaalloh bro. nanti kasih tau ya kapan audisi nya. ;)

      Hapus
  8. semangat brader,, gw jg lg pengin ikut openmic, .. tp bingung harus dari mn gw mulai.. gw anak desa

    BalasHapus
  9. Nice Pengalaman Bro. tapi kamu tidak sendiri ... aku dan beribu orang di indonesia siap jadi pesaing mu. hehe.
    baca juga ya bro. http://adrian1407.blogspot.co.id/2015/11/standup-comedy-i-am-ready-to-be-next.html

    BalasHapus
  10. ikut juga ah ... siapa tahu kita ketemua mas :)

    BalasHapus
  11. Saya juga pingin ikutan audisi Suci 6.
    Sudah ngeprint formulirnya & udah saya isi juga.

    Terus di kemanain ya....please infonya...makasih

    BalasHapus
  12. sebenernya gw pengen ikut suci juga..sayang gw dah ternoda..

    BalasHapus