Tips Jualan di Dunia Maya







Sekarang jaman udah maju banget, semuanya dilakuin di internet atau di dunia maya, mulai dari jualan, cari ojek, bahkan sampai cari pacar. Saya takut aja gitu sama yang cari pacar di internet, kasusnya nanti sama kayak masalah online shop, temen-temen saya sering cerita, kalo barang yang dia beli dari online shop sering salah, nanti gambarnya bagus banget, eh pas dateng nggak sesuai sama gambarnya, saya takut sama yang nyari pacar di internet, nanti udah dikasi foto profil yang bagus di facebook atau twitter, eh pas ketemu nggak sesuai sama fotonya, kan apes. 



Udah-udah bahas jodohnya nanti aja ya, nanti banyak yang baper lagi. Tau kan jaman sekarang populasi jomblo udah makin banyak di dunia ini. Termasuk saya.

Saya percaya, pasti banyak temen-temen yang pengen punya usaha sendiri tapi takut mau usaha apa, yakan? Ngaku aja deh sebelum ngaku itu dilarang. Nah yang satu ini mungkin cocok buat anak muda atau bisa aja anak tua, yups kamu harus  manfaatin internet karena jaman udah maju banget. Bagi yang mau punya usaha, coba aja dulu jualan barang-barang fashion, entah itu reseller atau buatan sendiri.

Oke saya mau punya usaha, dan mau jualan di internet/dunia maya, saya kan mau dan belum tau cara jualannya gimana, ada tipsnya nggak?

Kamu bertanya pada orang yang tepat, sayang. Saya bakalan ngasi Tips Jualan di Dunia Maya.

1. Pilih Barang Yang Mau Dijual
 
Ada banyak sekali benda-benda, atau barang yang bisa dijual di internet, mulai dari gadget, produk makanan, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang masih awam dalam jual menjual dan nggak mau ngambil resiko yang terlalu besar, saran saya sama seperti yang saya bilang di atas tadi, lebih baik kamu jualan yang sering dicari orang aja, kayak baju dan celana, ya, fashion. 

2. Jujur
 
Seperti yang saya bilang di atas, banyak kasus temen-temen saya yang belanja online,  pas barangnya dateng nggak sesuai sama foto yang ada di instagram, atau media promosinya yang lain. Agar pelanggan kamu nggak kabur gara-gara barang yang nggak sesuai sama foto, lebih baik kamu ngasi mereka foto yang real. Kalo udah jujur, inshaAllah pelanggan kamu bakalan nambah. Jujur adalah inti dari semuanya, pacaran aja kalo nggak jujur-jujuran ujungnya putus.

3.Promosi

Karena ini adalah internet, jadinya kamu harus sering-sering promosi, soalnya kalo nggak  dipromosiin nggak ada yang bakalan tau kalo kamu jualan. Kamu bisa promosi di semua sosial media yang kamu punya, mulai dari facebook, instagram,twitter, path, BBM, dan LINE, asalkan jangan di friensdster aja ya, soalnya, udah nggak ada lagi. Selain promosi lewat sosial media, kamu juga bisa promosi dari mulut ke mulut, jangan malu ngasi tau temen-temen kamu, temen kelas kamu kalo kamu jualan. Jangan lupa juga kasi tau mantan kamu, biar dia nyesel karena udah mutusin pengusaha kece kayak kamu!

4. Sabar
 
Kenapa harus sabar? Karena kalo jualan lewat onlineshop kan barangnya nggak keliatan, pastinya pelanggan/calon pembeli kamu bakalan nanya banyak ke kamu, kayak wartawan nanya narasumber, kalo kamu sabar, otomatis calon pembeli kamu bakalan enak sama kamu. Jangan marah-marahin calon pembeli kamu gara-gara banyak nanya, bisa-bisa usaha kamu bakalan bangkrut sebelum jualan.

Satu lagi, kamu harus sabar dalam kondisi dimana “calon pembeli kamu banyak nanya, eh tau-taunya nggak jadi beli” saat kondisi itulah kesabaran kamu bakalan di uji. Sama aja kayak pacaran, ngadepin pembeli juga harus sabar ya :) 

5. Cari Rumah Yang Tepat
 
Cari rumah yang tepat maksud saya adalah sekarang kan udah banyak tuh website-website yang ngebantu jualan barang, tapi kebanyakan yang jualannya random, mulai dari jual gadget, produk olahraga, sampai makanan, jadinya berdampak sama onlineshop kamu, bisa jadi gara-gara itu jualan kamu jadi nggak laku kan?

Jangan khawatir, sekarang udah ada media online shop yang kontennya lebih banyak   jualan fashion, mulai dari baju,celana dan aksesoris. Jadinya kamu nggak perlu takut kalah sama penjual gadget-gadget yang banyak dicari orang. 

  Shopious.com 

Eits. Jangan takut daftarin online shop kamu di shopious.com soalnya caranya gampang banget. Kamu tinggal connect akun instagram kamu, dan otomatis deh, foto-foto yang kamu upload di instagram bakalan lansung connect sama shopious.com jadinya nggak perlu ribet upload foto dua kali. Enak banget kan?. 

Satu lagi jangan takut nggak ada yang beli, soalnya udah banyak buktinya dan udah banyak yang belanja disana. Nama websitenya aja udah enak banget diucapin apalagi di denger, itu yang ngebuat banyak orang belanja disana. Shopious.com.

Gini nih cara daftar onlineshop kamu di shopious.com

Pertama buka dulu www.shopious.com

Kemudian, kamu liat tulisan "Mau Iklan Toko" di pojok kiri atas 
Setelah kamu klik dan masuk ke linknya, kamu scrol sampe bawah, sampe ketemu kayak gambar di bawah ini

Mudah banget kan caranya, yuk mulai jualan di shopious.com!!


11 Komentar

  1. 100rb masuk kantong nih sudah review shopious :D mueheheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, lumayan lah buat nambah uang jajan, anak kost nih :D

      Hapus
  2. Shopious sedang hits di kalangan para blogger ya ~

    BalasHapus
  3. Ciye udah mulai endorse niye, ajak-ajak bisa kali kalau ada sidejob.

    BalasHapus
  4. Shopious sama blibli sedang ngehits banget sekarang nih hampir semua blog bikin postingan seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soalnya dua situs itu lagi mau ningkatin pengunjungnya nih kayaknya

      Hapus
  5. Kapan gue bisa dapet endorse gini hehe

    BalasHapus
  6. Promosi yang kenceng.. Biasanya manjur tuh bikin banyak duit :D

    BalasHapus

Komentar di sini aja, biar bisa blogwalking