Tempat Beli Domain Murah!

Selama kurang lebih 4 tahun jadi blogger, banyak suka duka yang pernah saya alami. Mulai dari dapet temen baru sampai pacar baru. Em… pacar belum sih kayaknya. Hal lain yang bikin bahagia adalah ada beberapa temen yang bisa saya pengaruhi untuk ikut ngeblog juga. Ngeliat mereka publish postingan baru, saya jadi ikut seneng.

Tapi nggak enaknya jadi blogger juga banyak, kadang sebel sendiri kalo nggak bisa publish tulisan dan bete banget kalo udah kena virus writer’s block. Yang paling nyebelin adalah kalo domain nggak bisa diperpanjang, terus diambil sama orang lain. Apalagi yang ngambil itu nggak nyambung sama nama domainnya. Contohnya kayak domain saya kemarin.


Karena kapok domain diambil, saya jadi mikir-mikir kalo mau beli lagi, takut nggak bisa perpanjang (iya saya nggak mampu beli domain) dan diambil lagi sama perusahaan Arab.

Jadi sekarang, kalo mau beli domain, saya jadi lebih berhati-hati memilih penyedia domain. Biar kejadian itu nggak terulang. Selain faktor diri sendiri yang nggak mampu bayar, siapa tau beberapa penyedia hostingan dan domain, ngasih jaminan untuk domain yang kita beli.

Beberapa waktu ke belakang, saya lagi nyari-nyari tempat beli domain (re: nyari harga yang paling murah) untuk website yang sedang saya kerjakan bareng temen.  Setelah mencari sana sini, saya ketemu sama satu website namanya www.hostinger.co.id

Begitu baca nama websitenya, saya langsung tertarik karena pake domain ID. Nggak tau kenapa, ini alasan personal sih, begitu ada website yang pake domain ID, saya kira website itu rasa nasionalismenya tinggi. Hehe.

Begitu masuk di halaman utama websitenya, kita akan langsung disambut dua monster ungu dengan jabrik merah. Kalo diliat-liat lebih sering, dua monster yang awalnya menyeramkan itu, jadi lucu. Saya curiga mereka Qliquers. Apalagi ada tulisan diskon 90% dengan font merahnya. Saya jadi langsung penging beli. Tapi… daripada terburu-buru dan nyesel, saya memilih untuk santai aja, teliti sebelum membeli.



Di tab main menu-nya, kita udah disediain short link dan tinggal klik biar langsung ke halaman yang kita mau. Kalo mau beli hosting tinggal klik Hostingan Terbaik, kalo mau beli VPS murah, ya tinggal klik VPS Murah Indonesia, kalo mau beli domain, tinggal klik Domain Murah. Dan seterusnya. Kalo kamu mau langsung coba, ya tinggal klik Coba Sekarang. Mudah banget sih, jadi nggak perlu googling dulu kalo mau tau cara belinya. Di setiap tab yang udah kita klik, kita juga dikasih tau langkah-langkah selanjutnya.

Contohnya nih, saya klik coba sekarang, di halaman selanjutnya akan ditampilkan harga dari hosting website yang akan kita beli. Termasuk langkah-langkahnya juga. Langkah 1, pilih paket hosting. Langkah 2, mulai pemesanan, dan terakhir, lakukan Cekout.

Oh ya, mungkin ada yang nanya-nanya apa itu hosting, apa itu domain apa itu VPS. Saya mau jelasin dikit-dikit deh (walaupun saya nggak tau banyak, cuma tau basic-nya aja) biar gampang, saya kasih analogi atau perumpamaan-nya aja.

1.   Hosting
Kalo kita ibaratkan internet ini kampus, tempat kita belajar, baik belajar nulis atau belajar panco, hosting ini kayak kost-kostan. Sebelum kita mau publish tulisan, video atau apapun di internet, kita harus punya tempat dulu yang bisa kita  sewa. Tapi bedanya, kalo di internet, ada beberapa yang gratis seperti blogger atau wordpress.

2.   Domain.
Nah kalo kita udah punya kost-kostan, pasti di kampus atau kost-kostan itu kita nggak sendiri, akan ada mahasiswa lain dan pastinya punya namanya masing-masing. Jadi, domain ini, seperti nama kita juga, yang memudahkan orang-orang mencari website atau blog kita. Misalkan nama websitenya adalah arulivansyah.com  Nama website tersebut pasti satu-satunya nama yang pake arulivansyah.com di internet. Nggak mungkin bisa dipake dua orang atau lebih.

Kalo misalkan bisa dipake dua orang, domain saya yang dipake perusahaan Cina itu, saya mau pake juga. #masihsedih.

3.  VPS
VPS itu adalah (Virtual Private Server) yang kalo saya simpulkan dari apa yang saya baca di beberapa website, itu kayak lemari tempat kita nyimpen baju. VPS ini tempat kita nyimpen data-data yang kita unggah ke internet. Sepemahaman saya sih kayak google drive tapi ada bedanya. Kalo mau lebih tau bisa nyari-nyari di google ya penjelasan tentang VPS ini.

Setelah terpaku dengan dua monster itu, saya langsung klik domain murah untuk mencari nama domain yang saya cari. Begitu lamannya terbuka, kita langsung ‘ketemuan sama’ kolom pencarian yang gwede banget. Jadi kita nggak bakal bertanya-tanya lagi sama diri sendiri letak kolom pencariannya di mana saking kecilnya.

Saya langsung menulisakan nama domain. Tanpa menunggu lama, domain yang saya cari muncul dan tersedia dalam banyak pilihan. Yang saya suka dari hostinger.co.id adalah pilihan yang ditampilkannya banyak. Mulai dari domain .COM hingga yang menurut saya agak absurd kayak (contoh: namadomain.xyz)

Kalo kita tarik ke bawah terus, kita akan menemukan 10 tips memilih nama domain yang unik. Ini poin pentingnya juga sih, kalo kita masih bingung mencari nama domain kita, kita bisa pake cara yang disarankan oleh hostinger.co.id ini.

Biar nggak susah-susah berikut beberapa tips mencari nama domain unik yang saya rangkum dari hostinger.co.id

1.  Pastikan nama domain mudah diingat. Sebaiknya gunakan kata-kata yang pendek dan sederhana.

2.  Semakin pendek nama domain, semakin unik dan mudah dicari di kolom pencarian.

3.  Kalo kamu pengunjung dari Indonesia, carilah nama domain yang relevan, jangan sok-sokan pake nama luar negeri. Kalo kamu blogger dari Indonesia, pake nama Indonesia. Misal nama domain akulapar.com jangan sok-sokan pake bahasa Korea jadi naneunbaegopa.com

Selain namanya susah, lidah juga bisa keseleo baca itu.

4.  Dengan nama yang pendek dan mudah diingat, kemungkinan jadi page one di google semakin besar.

5.  Jangan gunakan tanda penghubung & angka serta karakter Non-Unicode di nama domain. Ini bukan password Facebook!

7.  Kalo nggak pengin data kamu terdeteksi di WHOIS, atur nama domain dengan Pendaftaran Privasi!

10.  Kalo udah nemu nama domain yang menurut kamu unik dan menjual, jangan ragu untuk segera beli, daripada kedululuan sama perusahaan Cina!

List di atas, nggak ada nomor 6, 8, dan 9-nya. Kalo kamu penasaran sama tiga nomor lainnya, langsung aja klik https://www.hostinger.co.id buat ketemuan sama dua monster ungu yang jadi Qliquers.

Nah, itu tadi sedikit review saya tentang hostinger.co.id, kalo kalian punya tempat beli domain murah yang lain, please komentar di bawah dong!

0 Comments