TontonanArul: Kita Semua Juga Harus Terbang




Sebagai penikmat karya-karya Fajar Nugros semenjak menyaksikan Jakarta Undercover, saya jadi salah satu orang yang menantikan karya-karyanya. Sebisa mungkin, saya tonton semua. Yang terbaru tentu film Terbang, setelah film Yowis Ben yang sukses menghibur dan bikin tertawa lepas, hasil kolaborasinya dengan Bayu Skak.

Film Terbang mengisahkan perjalanan hidup Onggy Hianata (Dion Wiyoko) sejak kecil yang penuh dengan rasa getir hingga dewasa. Film diawali dengan kehidupan Onggy dari keluarga miskin yang hidup di desa kecil di Tarakan. Ia hidup dengan ibu, ayah dan 8 saudaranya.

Melihat Ibu dan Ayahnya mengalami kesulitan, Onggy ingin sekali membantu keluarganya keluar dari kemiskinan, hingga suatu hari, ia menyampaikan keinginannya untuk bersekolah kepada ayahnya  (Chew Kin Wah). Dengan masalah ekonomi yang menghimpit, Ayahnya memberikan keleluasaan untuk dirinya.

Dari sana, konflik film mulai terbangun pelan-pelan. Jalan pertama yang ia pilih untuk memperbaiki ekonomi keluarga adalah dengan merantau ke Surabaya, yang merupakan kota tujuan orang-orang dari tanah kelahirannya. Walaupun ada sedikit hambatan, yang lagi-lagi biaya, Onggy atau Chun berhasil mewujudkan mimpinya unutuk pergi ke Surabaya. Di sana, ia bertahan hidup dengan menjalankan bisnis sejak kuliah. Mulai dari berjualan apel, jagung bakar, hingga kerupuk bersama tiga teman indekosnya yang diperankan oleh Mamat Alkatiri, Indra Jegel dan Fajar Nugra. Fajar Nugros sangat jeli memlih mereka bertiga karena mampu menghadirkan gelak tawa pada perjalanan bisnis Onggy yang penuh drama.

Setelah gagal dalam berbisnis, Onggy akhirnya memutuskan untuk bekerja di pabrik pembuatan benang. Dengan ekonomi yang mulai cukup, secara tidak sengaja ia bertemu dengan Candara (Laura Basuki) di sebuah salon yang nantinya menjadi istri Onggy.

Dengan istri yang super cantik dan ekonomi yang mulai tercukupi, Onggy masih belum menyerah untuk berbisnis. Ia akhirnya memutuskan untuk keluar dari kantor dan memulai bisnisnya kembali.
Secara tutur penceritaan film ini mengisahkan perjalanan seseorang meraih mimpi tanpa kenal putus asa. Selain itu, disisipi pula isu persatuan yang dikemas dalam berbagai adegan dan penokohan serta karakter yang beragam. Salah satunya adalah dari teman-teman indekosnya Onggy tadi.

Akting dari aktor dan aktris dalam film ini menjadi poin utama apalagi akting dari Laura Basuki berhasil menggiring penonton ikut hanyut dalam kisah cinta dan perjuangan hidup Dion Wiyoko. Dari tiga film Fajar Nugros yang pernah saya saksikan, pasti ada saja orang gila, seolah-olah itu menyampaikan kebebasan berpendapat dari setiap orang.

Selain akting yang mumpuni. Sinematografi film terbang ini juga wajib diacungkan jempol. Tata cahaya yang tepat untuk menggambarkan setiap keadaan berhasil mempengaruhi emosi penonton. Apalagi, setiap shoot berhasil menyajikan keindahan yang memanjakan mata.

Properti dan setting lokasi juga dipikirkan secara matang. Film ini berhasil menampilkan kondisi pada tahun 1970-an hingga tahun 2000-an dengan sangat baik.

Film ini bukan tanpa celah. Konfik-konflik sepanjang film terkesan monoton, karena konfliknya itu-itu saja. Dengan konflik yang itu-itu saja, dan durasi yang sangat lama, film ini terasa membosankan. Saya begitu menikmati awal dan ¾ menuju akhir cerita.

Jika Fajar Nugros selaku penulis dan sutradara memangkas beberapa menit film dan mengurangi konflik yang itu-itu saja, dan lebih mengulik lagi cerita menuju ending atau menggali lagi  kehidupan Onggy sebagai keturunan Cina saat konflik 1998 pasti drama yang ditampilkan sejak awal akan semakin mengasikkan.
(3/5)
***
Saya bersyukur bisa menyaksikan film Terbang ini karena menyentil saya untuk tidak menyerah dalam mengerjakan skripsi. Whehe.

Film Indonesia apa yang sudah kamu tonton bulan ini? kasih tau dong di kolom komentar!

Bonus foto saya sama @Fajarnugros hehe



1 Comments

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete

Komentar di sini aja, biar bisa blogwalking